Sabtu, 18 Mei 2013


PENGUMUMAN 
PELAKSANAAN TES. KOMPETENSI MENGAJAR
LAB. MICROTEACHING TAHUN AKADEMIK 2012-2013
FKIP UNIBBA

Dibeitahukan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan bahwa pelaksanaan tes kompetensi mengajar di kelas
Lab. Microteaching akan dilaksanakan pada bulan JUNI 2013

           LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN
Langkah 1
Peserta (mahasiswa) mendaftarkan diri kepada program studi masing-masing selanjutnya konfirmasi kepada kepala lab. Microteaching dan akan ditentukan jadwal pelaksanaan tes kompetensi mengajar di kelas lab. Microteaching;
Langkah 2
Kepala labolatorium microteaching memberi pengarahan untuk teknis pelaksanaan dan persiapan Peserta tes kompetensi mengajar;
Langkah 3
Setelah mahasiswa mendapatkan pengarahan teknis pelaksanaan dan persiapan Peserta tes kompetensi mengajar, selanjutnya para peserta (mahasiswa) ditugaskan untuk mempelajari komponen-komponen keterampilan mengajar yang telah diisolasikan lewat model-model mengajar;
 Langkah 4
Setiap peserta (mahasiswa) tes kompetensi mengajar bertugas membuat RPP yang dibuat sendiri untuk diperaktekkan;
Langkah 5
Pelaksanaan tes kompetensi mengajar secara bergiliran yang diobserver oleh dosen penguji dan kepala labolatorium microteaching;
Langkah 6
Sesudah semua peserta melaksanakan tes simulasi mengajar peserta bersama observer/dosen penguji melaksanakan evaluasi dan mendiskusikan kekurangan atau hal-hal yang dianggap masih kurang dalam asfek RPP maupun penampilan verbal dan non-verbalnya;
Langkah 7
Kepala lab. Microteaching membuat berita acara tes kompetensi mengajar yang ditandatangani kepala lab. Microteaching dengan Dekan berupa kelayakan untuk lanjut kepada pelaksanaan kegiatan pengalaman pertama lapangan (PPL). 



FORMAT PENILAIAN TES KOMPETENSI MENGAJAR
LABOLATORIUM MICROTEACHING

No
RPP
Nilai
No
Penampilan

Nilai
1
Tujuan pembelajaran dan pencapaian indikator
...
1
Kemampuan Membuka Pelajaran
a.melakukan presensi dan melaksanakan kegiatan berdoa
b. menarik perhatian dan menimbulkan motivasi
c. memberi acuan bahan belajar yang akan disajikan
d. melakukan apersepsi dan korelasi antara materi pokok dengan kecakapan hidup

...
2
Materi pokok
...
2
Sikap Ketika Proses Pembelajaran
a. kejelasan suara
b. mobilitas posisi mengajar
c. antusiasme penampilan mimik

...
3
Strategi pembelajaran
...
3
Penggunaan Bahasa Indonesia Yang Baik dan Benar
a. ucapan jelas dan mudah dimengerti oleh siswa
b. pembicaraan lancar (tidak  gagap/tersendat-sendat)
c. menggunakan kosa kata yang baku
d. berbahasa dengan tata bahasa yang baik

...
4
Media dan sumber belajar
...
4
Penguasaan Materi Pokok
a. penyajian materi relepan dengan indikator
b. materi pokok disajikan sesuai langkah-langkah RPP
c. menampakkan kedalaman bahan pokok bahasan
d. mencerminkan keluasan wawasan

...







5
Evaluasi
...
5
Proses Pembelajaran
a. kesesuaian penggunaan strategi/metode dengan materi pokok
b. kejelasan dalam menerangkan dan memberi contoh
c. antusiasme dalam menanggapi dan menggunakan respon
d. keefektifan dalam memanfaatkan waktu

...
6
Kerapihan dan kebersihan RPP
....
6
Kemampuan Menggunakan Media
a. memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan jenis media
b. ketepatan ketika penggunaan media
c. ketterampilan dalam mengoprasionalkan media
d. media membantu meningkatkan proses pembelajaran

...
7
Evaluasi
a. menggunakan penilaian lisan yang relevan dengan indikator
b. menggunakan penilaian tulis yang relevan dengan indikator
c. melaksanakan penilaian yang sesuai dengan RPP

...
8
Kemampuan Menutup Pelajaran
a. melakukan refleksi
b. mengevaluasi
c. menginformasikan materi pokok berikutnya

...
Jumlah Nilai Aspek RPP


Jumlah Nilai Asfek Penampilan