LAB. MICROTEACHING TAHUN AKADEMIK 2012-2013
FKIP UNIBBA
Dibeitahukan kepada seluruh mahasiswa Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan bahwa pelaksanaan tes kompetensi mengajar di kelas
Lab.
Microteaching akan dilaksanakan pada bulan JUNI 2013
Lab. Microteaching akan dilaksanakan pada bulan JUNI 2013
LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN
Langkah 1
Peserta (mahasiswa) mendaftarkan diri kepada program
studi masing-masing selanjutnya konfirmasi kepada kepala lab. Microteaching dan
akan ditentukan jadwal pelaksanaan tes kompetensi mengajar di kelas lab. Microteaching;
Langkah 2
Kepala labolatorium microteaching memberi pengarahan
untuk teknis pelaksanaan dan persiapan Peserta tes kompetensi mengajar;
Langkah 3
Setelah mahasiswa mendapatkan pengarahan teknis
pelaksanaan dan persiapan Peserta tes kompetensi mengajar, selanjutnya para
peserta (mahasiswa) ditugaskan untuk mempelajari komponen-komponen keterampilan
mengajar yang telah diisolasikan lewat model-model mengajar;
Langkah 4
Setiap peserta (mahasiswa) tes kompetensi mengajar
bertugas membuat RPP yang dibuat sendiri untuk diperaktekkan;
Langkah 5
Pelaksanaan tes kompetensi mengajar secara bergiliran
yang diobserver oleh dosen penguji dan kepala labolatorium microteaching;
Langkah 6
Sesudah semua peserta melaksanakan tes simulasi mengajar
peserta bersama observer/dosen penguji melaksanakan evaluasi dan mendiskusikan
kekurangan atau hal-hal yang dianggap masih kurang dalam asfek RPP maupun
penampilan verbal dan non-verbalnya;
Langkah 7
Kepala lab. Microteaching
membuat berita acara tes kompetensi mengajar yang ditandatangani kepala lab. Microteaching dengan Dekan berupa
kelayakan untuk lanjut kepada pelaksanaan kegiatan pengalaman pertama lapangan
(PPL).
FORMAT PENILAIAN TES KOMPETENSI MENGAJAR
LABOLATORIUM MICROTEACHING
No
|
RPP
|
Nilai
|
No
|
Penampilan
|
Nilai
|
|
1
|
Tujuan pembelajaran dan pencapaian indikator
|
...
|
1
|
Kemampuan Membuka Pelajaran
a.melakukan presensi dan melaksanakan kegiatan berdoa
b. menarik perhatian dan menimbulkan motivasi
c. memberi acuan bahan belajar yang akan disajikan
d. melakukan apersepsi dan korelasi antara materi pokok
dengan kecakapan hidup
|
...
|
|
2
|
Materi pokok
|
...
|
2
|
Sikap Ketika Proses
Pembelajaran
a. kejelasan suara
b. mobilitas posisi mengajar
c. antusiasme penampilan mimik
|
...
|
|
3
|
Strategi pembelajaran
|
...
|
3
|
Penggunaan Bahasa Indonesia
Yang Baik dan Benar
a. ucapan jelas dan mudah dimengerti oleh siswa
b. pembicaraan lancar (tidak gagap/tersendat-sendat)
c. menggunakan kosa kata yang baku
d. berbahasa dengan tata bahasa yang baik
|
...
|
|
4
|
Media dan sumber belajar
|
...
|
4
|
Penguasaan Materi Pokok
a. penyajian materi relepan dengan indikator
b. materi pokok disajikan sesuai langkah-langkah RPP
c. menampakkan kedalaman bahan pokok bahasan
d. mencerminkan keluasan wawasan
|
...
|
|
5
|
Evaluasi
|
...
|
5
|
Proses Pembelajaran
a. kesesuaian penggunaan strategi/metode dengan materi
pokok
b. kejelasan dalam menerangkan dan memberi contoh
c. antusiasme dalam menanggapi dan menggunakan respon
d. keefektifan dalam memanfaatkan waktu
|
...
|
|
6
|
Kerapihan dan kebersihan RPP
|
....
|
6
|
Kemampuan Menggunakan Media
a. memperhatikan prinsip-prinsip penggunaan jenis media
b. ketepatan ketika penggunaan media
c. ketterampilan dalam mengoprasionalkan media
d. media membantu meningkatkan proses pembelajaran
|
...
|
|
7
|
Evaluasi
a. menggunakan penilaian lisan yang relevan dengan
indikator
b. menggunakan penilaian tulis yang relevan dengan
indikator
c. melaksanakan penilaian yang sesuai dengan RPP
|
...
|
||||
8
|
Kemampuan Menutup Pelajaran
a. melakukan refleksi
b. mengevaluasi
c. menginformasikan materi pokok berikutnya
|
...
|
||||
Jumlah Nilai Aspek RPP
|
Jumlah Nilai Asfek Penampilan
|